Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Perdesaan-Bumi Bataraguru, Kab. Luwu Timur

Rabu, 14 Maret 2012

UPK KAB. LUTIM BERLOMBA BANGUN KANTOR

Kantor UPK Mangkutana Kabupaten Luwu Timur berdiri tahun 2011
Memiliki Kantor sendiri adalah dambaan para pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Luwu Timur. Sebagai sebuah lembaga pengelola keuangan masyarakat di tingkat kecamatan, maka UPK perlu didukung oleh sarana yang representatif untuk menjalankan dan mengembangkan dana bergulir yang dikelolanya dan tentu saja salah sarana yang akan sangat mendukung pengembangan kegiatan dana bergulir di tingkat kecamatan adalah tersedianya kantor sendiri bagi UPK dalam menjalankan tigas dan tanggungjawabnya yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan dana bergulir di kecamatan masing - masing.
Berdasarkan pemikiran diatas, maka para pengurus UPK di 11 kecamatan kabupaten Luwu Timur sangat terpacu untuk merealisasikan cita - cita dan harapan masyarakat untuk membangun kantor sendiri. Karena para pengurus UPK menyadari bahwa keberadaan sarana yang representatif dan memadai dalam mengelola kegiatan dana bergulir sangat menunjang pengemabangan dana bergulir itu sendiri. Harapan UPK ini didukung oleh keputusan masyarakat yang bulat melalui forum MAD Pertanggungjawaban UPK di masing - masing kecamatan yang mengamanhkan agar UPK segera merealisasikan rencana pembangunan Kantor sendiri.
Dari 11 Kecamatan lokasi PNPM Mandiri Perdesaan dai Kabupaten Luwu Timur, tahapan pengadaan Kantor UPK berbeda satu dengan yang lainnya. Sampai dengan bulan Maret 2012 ini tercatat tealah ada dua kecamatan yang telah merealisasikan pembanguna Kantor UPK yaitu Kecamatan Mangkutana dan Kecamatan Malili. Kecamatan Mangkutana dapat merealisasikan pembangun Kantor UPKnya pada tahun 2010 yang lalu dan pemanfaatannya secara resmi opada thun 2011. Sementara UPK Kecamatan Malili dapat merealisasikan pembangunan Kantprnya pada tahun 2012 ini.

Adapun sembilan kecamatan lainnya baru pada penyediaan lahan pembangunan Kantor. Dari sembilan UPK yang sudah memiliki lahan lokasi pembanguna Kantornya, UPK Kecamatan Angkona akan merealisasikan pembanguna Kantor UPK pada pertengahan tahun 2012 ini. Sementara kecamatan lainnya akan menyusul dalam merealisasikan pembangunan kantor UPKnya.

Kantor UPK Malili Kabupaten Luwu Timur berdiri tahun 2012
Dengan berdirinya dan telah dimanfaatkannya dua kantor UPK di kecamatan Mangkutana dan kecamatan Malili, maka mendorong pengurus UPK - UPK lainnya untuk segera merealisasikan rencana pembangunan kantornya. Dan berdasarkan perencanaan dari masing - masing UPK, Insya Allah pada tahun 2014, semua UPK di kabupaten Luwu Timur akan memiliki kantor sendiri dan kondisi ini akan tercatat sebagai sebuah ukiran sejarah dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di seluruh Indonesia bahwa Bumi Bataraguru kabupaten Luwu Timur adalah Kabupaten Pertama di Indonesia yang semua UPK kecamatannya telah memiliki kantor sendiri.

Dengan adanya renmcana mulia ini, maka semua pihak terkait mulai dari unsur fasilitator maupun dari unsur masyarakat khususnya BKAD dan BPUPK dan pelaku -pelaku lainnya harus bahu membahu dalam membantu pengurus UPK untuk dapat mengembangkan pengelolaan dana bergulir baik secara kuantitas terlebih -lebih secara kualitas. Utamanya dalam merancang strategi untuk meminimalisir terjadinya tunggakan di kelompok - kelompok perempuan pemanfaat dana bergulir dan membuat rancangan strategi untuk mngurangi jumlah tunggakan dari waktu ke waktu.

Pihak pemerintah dari tingkatan paling bawah hingga tingkat paling atas di level kabupaten, jugta harus memberikan dukungan maksimal dan berkelanjutan khususnya dalam memberikan pemahaman pada masyarakat pentingnya kejujuran dan sifat amanah dalam memanfaatkan dana - dana bergulir yang diberikan oleh masing - masing UPK.

Dengan kebersamaan dan kerja sama diantara semua pihak, maka Harapan mewujudkan pembanguna  Kantor UPK di semua kecamatan akan segera terwujud. Amin.....

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar